Kenapa harus menyertakan kartu kuning saat akan umroh?

Kartu kuning menjadi salah satu syarat yang diwajibkan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi untuk mendapatkan visa. Berdasarkan info bahwa sebenarnya meningitis (radang selaput otak) banyak terjadi pada orang Afrika sedangkan umroh dan haji yang hadir dari seluruh dunia termasuk Afrika. Penyakit tersebut sangat berbahaya dan bisa menular pada siapa saja oleh karena itu pemerintah Arab Saudi mewajibkan untuk semua calon jamaah harus sudah vaksinasi meningitis sebelum memasuki Arab Saudi.

Apa Syarat untuk mendapatkan Kartu Kuning?

1.Fotokopi paspor dengan nama bersuku kata tiga yang masih berlaku (1 lembar);
2.Foto 4×6 (1 lembar)
3.Sejumlah uang sesuai harga vaksin

Bagaimana Cara Mendapatkan Kartu Kuning?

Vaksinasi meningitis yang dimaksud disini hanya dilakukan oleh dokter khusus KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) yang bertempat di pelabuhan ataupun di bandara ataupun di Rumah Sakit yang dituju. Untuk wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dan sekitarnya bisa mendapatkan Kartu Kuning yaitu di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjung Priok, atau di Bandara Soekarno Hatta (Bandara Soetta) atau di Rumah Sakit Haji. Dahulu bisa vaksinasi di Rumah Sakit Fatmawati namun berdasarkan informasi ternyata di RS. Fatmawati sudah tidak melayani vaksinasi tersebut. Dan dalam perkembangannya Dinas Kesehatan Kota (DKK) bekerja sama dengan dokter KKP melayani vaksinasi meningitis. Namun hanya hari tertentu misal di DKK Bogor bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Bandung hanya hari Sabtu, sedangkan tempat-tempat yang saya sebutkan sebelumnya melayani vaksnasi lima hari kerja yaitu Senin s/d Jumat.

Kontraindikasi

Bahwa ada dua kontra indikasi untuk vaksinasi meningitis, yaitu : ibu hamil dan seseorang yang sedang demam. Ibu hamil yang melakukan suntik vaksinasi meningitis dikhawatirkan akan membahayakan janinnya dan lahir cacat. Sedangkan pada orang yang demam dikhawatirkan akan menimbulkan demam yang lebih hebat dan kejang.

A. Contoh Proses Vaksinasi Meningitis di Dinas Kesehatan Kota

1. Pengambilan nomor antrian
2. Pengisian Formulir pendaftaran
Formulir bisa diambil disamping nomor antrian. Data yang diperlukan adalah : nama, nomor passport, Tempat Tanggal Lahir (TTL), jenis kelamin, pekerjaan, alamat, nomor telefon, tanggal keberangkatan, negara tujuan, riwayat penyakit, nama travel. Terakhir di pojokan bawah bubuhi nama dan tanda tangan serta tempelkan foto 4×6 pada kolom yang tersedia.
3. Pendaftaran
Petugas pendaftaran memanggil nomor antrian diminta menyerahkan formulir pendaftaran + 1 lembar fotocopy passport + 1 lembar foto ukuran 4×6 dan selanjutnya petugas menanyakan “mau vaksin apa saja?”, dijawab “meningitis”. Selanjutnya pencatatan oleh petugas 1 dan formulir kita ditulis nomor antrian. Selanjutnya ke meja sebelah yaitu petugas pembayaran.
4. Pembayaran
Setelah petugas pembayaran mendata data yang diperlukan selanjutnya membayar. Selanjutnya menunggu panggilan untuk diperiksa tensi darah dan tes kehamilan.
5. Pemeriksaan tensi darah dan tes kehamilan bagi wanita usia subur
6. Vaksinasi
Di ruang vaksinasi disediakan tempat duduk yang memang disediakan. Sebelum vaksinasis dimulai, dokter menjelaskan tentang vaksinasi meningitis “kenapa harus vaksinasi meningitis, apa manfaatnya, apa indikasinya, apa kontra indikasinya, sight efek-nya, dll”. Dan dijelaskan tentang vaksinasi lainya seperti influenza dan pneumonia. Vaksinasi biasanya dilakukan pada calon jamaah pria terlebih dahulu sampai habis dan berikutnya calon jamaah wanita karena untuk calon jamaah wanita memerlukan extra membuka pakaian.
Penyuntikan vaksin meningitis dilakukan di lengan kiri, kondisi harus rileks dan tidak tegang. Untuk vaksinasi influenza disuntik di lengan sebelah kanan.
7. Pengambilan hasil
10 menit kemudian petugas pun keluar dari ruang vaksinasi dengan membawa “kartu kuning hasil vaksinasi meningitis”.

B. Contoh Proses Vaksinasi Meningitis di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soetta

-Pendaftaran di Kantor KKP Soetta mulai pukul 07.00 wib sampai dengan pukul 09.00 wib. Ingat, datang pagi-pagi agar dapat nomor antri lebih awal, berdasarkan informasi bahwa setiap harinya banyak yang daftar untuk suntik meningitis. Di loket pendaftaran kita diminta mengisi formulir yang telah disediakan dan melengkapi dengan fotocopy paspor, KTP dan foto 4×6.
-Menunggu panggilan untuk di vaksin
-Proses vaksinasi dimulai pukul 09.00 wib sampai dengan selesai
-Foto barcode ICV (International Certificate of Vaccination)
-Pembayaran di kasir dan pengambilan hasil berupa kartu ICV berwarna kuning (maka dari itu dikenal dengan sebutan Kartu Kuning).

Berapa Biayanya?

Saat ini harga vaksin Rp. 305.000 di KKP Bandara Soetta, harga tersebut bisa saja berubah seiring berjalannya waktu. Jika di Dinas Kesehatan Kota harga sekitar Rp. 400.000.

KKP Bandara Soetta Itu Dimana?

KKP Bandara Soetta berada di area perkantoran Bandara Soetta, selanjutnya ada medical center/ klinik 24 jam … Nah itulah KKP yang kita cari.

TIPS TAMBAHAN :
1. Datang ke tempat pendaftaran lebih awal misal 30 menit sebelum pengambilan nomor antrian (pukul 06.30).
2. Sempatkan sarapan terlebih dahulu sebelum meninggalkan rumah karena mengingat waktu yang dibutuhkan mulai dari pengambilan nomor antrian sampai pengambilan hasil tidaklah pendek.
3. Bawa bekal cemilan dan air minum secukupnya, walaupun disamping atapun di luar DKK ada penjual snack.
4. Bawa buku jika suka membaca untuk mengisi waktu saat menunggu antrian ataupun bisa sambil mendengarkan murotal, tadarus ataupun mendengarkan musik.
5. Jangan pernah menerima jasa pembuatan buku kuning vaksin meningitis PALSU, karena bisa menyebabkan anda batal/ditolak/gagal untuk menunaikan ibadah ke Tanah Suci.

pt alhijaz indowisata

 

CARA, TEMPAT DAN BIAYA VAKSIN MENINGITIS

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Assalaamu alaikum wr wb, Kepada para calon jamaah umroh PT Alhijaz Indowisata yang dimuliakan Allah swt,….. Kabar Gembira …..untuk keberangkatan PERIODE tahun 2017 dan tahun 2018..... Paket-paket telah tersedia .....Segera daftar sebelum kehabisan Seat.....Klik Jadwal (Menu) diatas