Ihram Jemaah ESQ Tours Travel

 

Bagi Anda yang ingin melaksanakan ibadah umrah, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Di antaranya adalah memilih biro perjalanan yang sesuai dan melakukan manasik sebelum keberangkatan. Video manasik umroh bisa membantu Anda mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan saat berada di Baitullah, seperti persiapan umrah, syarat-syaratnya, rukun-rukunnya, dan hal-hal yang dianjurkan selama umrah.

Tata Cara Niat dan Ihram dalam Ibadah Umroh

Manasik Umroh Menara Wisata

Pelatihan Umroh

Semua amal perbuatan yang kita lakukan harus diawali dengan niat, termasuk ibadah umrah. Dalam video manasik umroh disebutkan bahwa niat umrah haruslah karena Allah dan Rasulullah secara ikhlas. Sebenarnya, tidak ada anjuran khusus untuk melafalkan niat secara lisan, tapi khusus dalam ibadah haji dan umrah, jemaah harus mengucapkan niat sebelum memasuki mikat.

Jemaah Indonesia biasanya baru berniat saat akan memasuki mikat Yalamlam, atau saat akan memasuki Bir Ali. Anda akan diingatkan beberapa menit sebelum memasuki mikat untuk memakai ihram dan mengucap niat Labbaik allahumma labbaik, labbaik allahumma umrotan.

Jemaah laki-laki wajib memakai dua helai kain ihram dan sunahnya berwarna putih yang tidak berjahit, sementara wanita diperbolehkan menggunakan pakaian apa pun yang menutup aurat dan warnanya tidak mencolok. Sunah ihram di antaranya termasuk membaca talbiah dan membaca zikir secara terus-menerus.

Tata Cara Tawaf dalam Ibadah Umroh

0346a8c969a1472537d1481a51671188

Makkah

Tawaf yang disebutkan dalam video manasik umroh bisa dilakukan kapan saja. Sebelumnya, Anda harus berwudu, kemudian melakukan 7 kali putaran yang dimulai dari titik Hajar Aswad, serta Kakbah berada di sisi kiri. Sunah yang harus dilakukan saat tawaf utamanya bagi laki-laki adalah memperlihatkan pundak kanannya pada 3 putaran awal, kemudian menutupnya kembali pada 4 putaran terakhir.

Dari video manasik umroh juga dijelaskan bahwa kita dianjurkan memperbanyak takbir, zikir, dan meminta ampun saat berada di kedua bukit

Jika wudu Anda batal di tengah-tengah tawaf, diperbolehkan untuk meninggalkan tawaf sejenak untuk berwudu kembali. Hitungan tawaf dalam video manasik umroh bisa dilanjutkan setelah Anda berwudu.

Selama tawaf, kita dianjurkan untuk berdoa apa saja kepada Allah, utamanya saat sampai di Multazam, yakni antara Hajar Aswad dengan pintu Kakbah. Di sana, diyakini doa-doa untuk hajat-hajat Anda yang utama akan diijabah oleh Allah SWT.

Tata Cara Sai dalam Ibadah Umroh

sa'i
Safa

Rukun selanjutnya yang disampaikan dalam video manasik umroh adalah melakukan sai atau lari-lari kecil yang diawali bukit Safa dan diakhiri di bukit Marwah. Sebenarnya, tidak ada amalan khusus saat menjalankan sai, Anda hanya diminta untuk melakukannya dengan tenang dan tertib.

Meski tidak disunahkan, Anda bisa membaca doa dan zikir berikut selama perjalanan sai:

  1. Dari bukit Safa ke Marwah yang pertama, membaca bacaan astaghfirullahaladzim sebanyak 100x.
  2. Dari bukit Marwah ke Safa yang kedua, membaca bacaan shalawat sebanyak 100x.
  3. Dari bukit Safa ke Marwah yang ketiga, membaca bacaan Laa Hawla Wa Laa Quwwata Illa Billah sebanyak 100x.
  4. Dari bukit Marwah ke Safa yang keempat, membaca bacaan Laa Ilaaha Illallahu Laa Syariikalah sebanyak 100x.
  5. Dari bukit Safa ke Marwah yang kelima, membaca bacaan Subhanallah Walhamdulillah Wa Lailaaha Illallah Wallahu Akbar sebanyak 100x.
  6. Dari bukit Marwah ke Safa yang keenam, membaca bacaan Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahiladzim sebanyak 100x.
  7. Dari bukit Safa ke Marwah yang ketujuh, membaca doa-doa untuk memperlancar urusan kebaikan kita.

Dari video manasik umroh juga dijelaskan bahwa kita dianjurkan memperbanyak takbir, zikir, dan meminta ampun saat berada di kedua bukit.

Tata Cara Tahalul dalam Ibadah Umroh

manasik-umroh tahalul
Tahalul

Rukun terakhir yang disebutkan dalam video manasik umroh adalah mencukur gundul rambut laki-laki dan memotong sedikit rambut perempuan. Menurut hadis, dalam setiap helai rambut yang gugur merupakan pahala bagi si empunya.

Semua amal perbuatan yang kita lakukan harus diawali dengan niat, termasuk ibadah umrah. Dalam video manasik umroh disebutkan bahwa niat umrah haruslah karena Allah dan Rasulullah secara ikhlas. Sebenarnya, tidak ada anjuran khusus untuk melafalkan niat secara lisan, tapi khusus dalam ibadah haji dan umrah, jemaah harus mengucapkan niat sebelum memasuki mikat.

Video manasik umroh bisa memberikan panduan yang jelas bagi jemaah yang berniat ke Tanah Suci. Pastikan Anda memenuhi syarat dan rukunnya supaya ibadah umrah Anda diterima oleh Allah SWT.

 

Sumber video:

https://www.youtube.com/watch?v=K84UuRcwKio (mulai menit 23:20)

 

Tata Cara Ibadah Umroh dan Video Manasiknya

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Assalaamu alaikum wr wb, Kepada para calon jamaah umroh PT Alhijaz Indowisata yang dimuliakan Allah swt,….. Kabar Gembira …..untuk keberangkatan PERIODE tahun 2017 dan tahun 2018..... Paket-paket telah tersedia .....Segera daftar sebelum kehabisan Seat.....Klik Jadwal (Menu) diatas