Ketahui Syarat Pembuatan Visa Umroh Berikut Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

kabah 3

Tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan menginjakkan kaki di Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji maupun umroh. Jika Anda memiliki keinginan kuat agar dapat berkunjung ke Baitullah, Anda harus mengetahui beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengurus keberangkatan Anda ke Tanah Suci, salah satunya adalah menyiapkan dokumen resmi. Visa umroh merupakan persyaratan yang wajib Anda penuhi sebelum berangkat ke Makkah. Visa umroh ini tentunya berlaku bagi para jemaah yang berencana menjalankan ibadah umroh dalam jangka waktu tertentu. pemerintah Arab Saudi sendiri menetapkan jangka waktu umum untuk umroh adalah 10 hingga 20 hari.

visa p indo

Syarat Pembuatan Visa Umroh

Mungkin banyak dari kita yang bertanya-tanya, apa saja syarat pembuatan visa umroh yang harus dipenuhi?

Nah, sebelum kita membahas lebih lanjut syarat pembuatan visa umroh, ada baiknya jika kita mengetahui visa umroh untuk para jemaah sesuai status dalam keluarganya, yakni:

  1. Suami dan istri
  2. Suami, istri, dan anak
  3. Suami, istri, anak, dan mahram
  4. Suami, istri, dan mahram
  5. Laki-laki sendiri
  6. Wanita di atasu usia 45 tahun yang dapat pergi umroh tanpa mahram

Perlu Anda ketahui, pengajuan visa umroh tidak dapat dilakukan secara perorangan. Itulah sebabnya Anda harus meminta bantuan pada agen travel perjalanan haji dan umroh resmi yang sudah terdaftar di Kementerian Agama. Di samping itu, Anda juga wajib mempertimbangkan waktu yang tepat untuk mengajukan visa umroh. Pemerintah Arab Saudi memiliki kebijakan tersendiri dalam menetapkan jumlah jemaah umroh. Jemaah haji biasanya jauh lebih dipriorotaskan kuotanya oleh Pemerintah Arab Saudi, oleh karena itu Anda baiknya memilih waktu yang tepat untuk mendaftarkan visa umroh. Bulan-bulan favorit para jemaah umroh biasanya jatuh pada bulan Rajab, Syakban, dan Ramadan.

Perlu Anda ketahui, pengajuan visa umroh tidak dapat dilakukan secara perorangan. Itulah sebabnya Anda harus meminta bantuan pada agen travel perjalanan haji dan umroh resmi yang sudah terdaftar di Kementerian Agama.

kebun kurma

Kebun Kurma Madinah Arab Saudi

Syarat Visa Umroh

Sebelum berangkat mengurus visa umroh, Anda juga perlu menyiapkan beberapa dokumen penting di bawah ini:

  1. Paspor asli yang masa berlakunya minimal 7 bulan hingga tanggal keberangkatan
  2. Nama dalam paspor harus terdiri dari minimal tiga kata. Jika nama Anda kurang dari tiga kata, maka Anda harus mengisi formulir penambahan nama dari nama Ayah atau suami. Proses ini dapat dilakukan di Kantor Imigrasi pada saat pembuatan paspor.
  3. Kartu Keluarga yang asli.
  4. Buku Nikah yang asli untuk pasangan yang sudah menikah
  5. Akta lahir asli, biasanya diperuntukkan untuk anak di bawah usia 17 tahun
  6. Buku Kuning, atau bukti telah mendapatkan vaksin meningitis. Vaksinasi dapat dilakukan di rumah sakit terdekat di kota Anda
  7. Surat Mahram bagi jemaah wanita yang tidak didampingi mahram. Bagi jemaah wanita di atas 45 tahun, boleh menjalankan umroh tanpa didampingi mahram dan hanya perlu menyertakan KTP
  8. Pas foto terbaru berukuran 4×6 minimal enam lembar dengan latar belakang putih
  9. Tiket pesawat PP asli untuk rute Jakarta-Jeddah
  10. Memiliki jadwal lengkap perjalanan umroh

Biaya Pembuatan Visa Umroh

Selain persyaratan dokumen, faktor biaya juga mungkin menjadi salah satu hal yang banyak dipertanyakan para calon jemaah umroh. Sebenarnya, biaya pembuatan visa umroh ini bervariasi, tergantung kebijakan agen atau penyedia jasa pembuatan visa yang Anda pilih. Namun, biasanya, biaya pembuatan visa umroh ini berada di kisaran harga USD 75 hingga USD 150.

visa umroh

Jemaah Umroh

Nah, agar Anda bisa mendapatkan visa dengan cepat, Anda dianjurkan untuk mengajukan pembuatan visa dua hingga empat minggu sebelum keberangkatan. Jangan lupa pula untuk memastikan kelengkapan dokumen syarat pembuatan visa umroh agar dapat segera diproses.

Ketahui Syarat Pembuatan Visa Umroh Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Assalaamu alaikum wr wb, Kepada para calon jamaah umroh PT Alhijaz Indowisata yang dimuliakan Allah swt,….. Kabar Gembira …..untuk keberangkatan PERIODE tahun 2017 dan tahun 2018..... Paket-paket telah tersedia .....Segera daftar sebelum kehabisan Seat.....Klik Jadwal (Menu) diatas